Minggu, 20 Januari 2013

(D.I) macam-macam peripheral


macam macam peripheral

Adapun berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer, periferal terbagi menjadi:
1.    Input Device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.
Adapun maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga dapat untuk memasukkan program.
Peralatan yang berfungsi sebagai alat input dapat dibedakan menjadi dua, yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemroses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader, atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Adapun alat input tidak langsung seperti keypunch yang dilakukan melafui media punched card (kartu plong), key-to tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut
a. Keyboard
Jika mendengar kata "keyboard" maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer. Nal ini karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.











Keyboard

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alfabet) A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dah karakter khusus seperti: '_ @#$%^&*()_+=<>/, . ?:;"'I, tombol fungsi (F1-F12) serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Adapun pada mesin ketik biasajumlah tutsnya hanya 52 buah. Bentuk keyboard umumnya persegi, namun telah dikembangkan menjadi sangat variatif.
Keyboard pada dasarnya hampir sama bentuk dan fungsinya dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Jika kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa yang sudah diketikkan dan setiap satu huruf atau simbol yang diketikkan akan terlihat hasilnya langsung pada
kertas. Tidak demikian ddngan keyboard. Apapun yang diketikkan, hasil atau keluarannya akan terlihat di iayar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan bentuk tulisan, kesalahan pengetikan, dan lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
b. Mouse
Penunjuk (pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat dua pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Jika keduanya digerakkan akan menjadi gerak diagonal. Berdasarkan gerakan mouse ini, maka gerakan tanda panah atau penunjuk akan dapat terlihat di layar monitor. Namun sekarang ini banyak yang menggunakan mouse optic, yaitu bola kecil  tersebut diganti menjadi optik sinar merah yang dapat melacak arah pergerakan mouse.












Mouse                   Mouse Optic   Mouse Ball

Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan kanan. Penekanan tombol atau yang disebut click berpengaruh atau bergantung pada daerah atau objek yang kita tunjuk. Kamputer akan mengabaikan penekanan tombol atau click yang tidak mengenai area atau objek yang tidak penting.
Penggunaan mouse yang lain disebut drag yang artinya menggeser atau menarik. Biasanya dilakukan dengan menekan tombol kiri tanpa melepaskan sambil menggesernya. Akibatnya objek pada layar monitor akan berpindah atau tersalin ke objek lain. Kemungkinan lain dapat terjadi bergantung aplikasi lain yang dijalankan. Di bagian tengah ada suatu scroll (penggulung kecil) tambahan, kebanyakan mouse masa kini telah memilikinya. Fungsinya untuk menggulung tampilan yang kita baca, misalnya pada Microsoft Word ke atas maupun ke bawah. Mouse_ terhubung pada komputer dengan sebuah kabel yang ada di mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer. Biasanya port mouse dan keyboard terdapat bersebelahan satu sama lainnya.

c. Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Pada mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas. Adapun pada scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu. Kemudian baru diubah atau dimodifikasi sehingga tampilannya menjadi bagus. Setelah itu dapat disimpan sebagai file text, dokumen; atau gambar. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24-bit (lebih dari 16 juta warna). Jika kita membutuhkan hasil yang baik, maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.











d.    Digital camera dan webcam
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.







Fungsi webcam sama dengan digital camera, namun bedanya webcam juga dapat digunakan untuk berbicara langsung secara online melalui koneksi internet sehingga lawan bicara dapat melihat wajah kita melalui layar monitornya.

e.    Mic (microphone)
Kalau kamera digunakan untuk memasukkan input gambar (dan suara), rnaka mic digunakan hanya untuk memasukkan input suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara. Perangkat keras tersebut adalah sound card, yaitu bagian yang mengatur pengolahan suara agar dapat menerima input suara dan meneruskan ke output berupa speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara. Sekarang ini biasanya headset sudah mencakup untuk mendengarkan suara dan mic untuk menerima input suara.








f.     Barcode reader
Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh komputer. Untuk membaca barcode semacam itu kita memerlukan barcode reader yang terlihat seperti pada gambar.






g. Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar